About

Saturday, March 31, 2012

Machinarium: Petualangan di Dunia Mesin

Anda doyan bermain game puzzle? Senang memainkan game Flash? Penikmat gambar-gambar menawan? Maka game ini adalah untuk Anda.
Machinarium. Game 2D berbasis flash keluaran Ceko ini mungkin adalah game flash terbaik yang pernah gw mainkan. Genre game ini adalah puzzle, adventure, point-and-click.
Anda memerankan seorang robot, entah siapa namanya, yang terdampar di sebuah tumpukan sampah. Di sana anda akan menyusun kembali anggota tubuh anda, lalu berpetualang untuk mencari teman masa kecil anda yang hilang. Untuk itu anda mesti membantu orang-orang di sekitar anda, menyelesaikan teka-teki kecil, dan berhadapan dengan tiga komplotan robot jahat bertopi hitam.

Dunia Machinarium sendiri adalah sebuah dunia di mana semuanya terbuat dari besi. Semua makhluk hidup di sini adalah robot. Uniknya tidak seperti game kebanyakan yang grafiknya menggunakan komputer, game ini keseluruhannya adalah gambar resolusi tinggi yang dibuat dengan tangan. Desain kotanya indah, dan teknik menggambarnya juga apik, menjanjikan kenikmatan visual yang luar biasa. Desain tempat-tempat dalam game ini mungkin sedikit mengingatkan kita pada dunia fiksi dalam film animasi Robots.
Anda pernah memainkan game Neighbor from Hell? Nah permainannya kira-kira seperti itu. Anda akan berputar-putar mencari benda-benda tertentu yang akan berguna untuk memecahkan masalah. Bedanya game ini tidak terbatasi oleh waktu, ruang, dan level. Anda dapat mengeksplor Machinarium sesuka hati (meskipun beberapa lokasi mesti dibuka dengan menyelesaikan beberapa puzzle). Puzzle yang ada pun bermacam-macam. Dari menyusun gambar, menyumbat pipa yang berbelit-belit, hingga bermain game melawan seseorang untuk mendapatkan benda yang dibutuhkan.
Bosan men-skip cutscene game karena kebanyakan dialog? Anda tidak akan menemukannya di sini. Bahkan di game ini tidak ada dialog verbal sama sekali. Jalan cerita di game ini tidak disampaikan secara eksplisit, melainkan lewat dialog-dialog antara tokoh utama dan karakter-karakter di sekitarnya. Dialog-dialog tersebut digambarkan dengan balon komik yang didalamnya ada adegan cerita yang disampaikan. Begitu pula dengan puzzle-puzzle kecil yang ditemui. Hanya ada petunjuk berupa simbol dan angka. Ada pula sebuah buku yang selalu tersedia berisi semacam petunjuk jika anda sudah kehabisan akal. Tetapi buku tersebut terkunci dan hanya dapat dibuka dengan memainkan minigame yang mirip seperti Space Shooter di HP Nokia jadul (masih ingat???). Juga, buku tersebut bukanlah berisi kalimat-kalimat tertentu, melainkan sehalaman penuh lembaran komik tentang apa yang harus dilakukan.
Kekurangan game ini adalah kurang banyak. Menurut gw kalo sang kreator mau memanjangkan ceritanya tampaknya ni game bakalan lebih keren lagi pastinya. Biar bagaimanapun, gw pribadi udah cukup terhibur dengan puzzle-puzzlenya (gw ampe dibantuin ma temen nyelesaiin game ini saking penasarannya). Selain itu musik pengiring game ini adalah musik techno yang aneh, yang sejujurnya gw ga begitu suka, tapi sebenarnya pas dengan tema Machinarium yang merupakan kota metropolis dari besi, tempat sang robot berpetualang.
Informasi lebih lanjut dan demo ada di http://machinarium.net/.
Full versionnya ada di sini, thanks to EvilLurkInTheDark
Selamat mencoba!!!

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes