About

Wednesday, April 11, 2012

VITAL UNTUK PAJAK DAN PERMODALAN

Manfaat lain dari pembukuan yang tertib adalah dalam hal pengambilan keputusan. Dengan melihat data-data keuangan, seorang pengusaha bisa menilai bahwa usahanya tengah berkembang dan memerlukan ekspansi. Tapi, bisa juga sebaliknya, usaha tersebut sudah tidak bisa dipertahankan lagi dan lebih baik ditutup agar tidak menyebabkan kerugian lebih parah. Tanpa data dan informasi yang komprehensip, keputusan yang dibuat bisa jadi tidak menjadi keputusan yang tepat. Laporan keuangan kan salah satu informasi juga.

Rencana pengembangan bisnis terkadang akan berurusan dengan pihak perpajakan, jadi jika selama ini tidak membayarkan pajak dari hasil usahanya menjadi kelabakan karena ia tidak tahu-menahu urusan pajak. Jadi jangan kaget jika melihat hasil hitungan petugas pajak berdasarkan pembukuan sederhana yang dibuat selama ini, karena pajak yang harus dibayarkan jauh lebih besar dari porsi laba yang didapat dari usahanya. Sejatinya, duduk perkaranya sederhana saja karena kadang tidak bisa menunjukkan bukti dari pegeluaran-pengeluaran yang ada dalam pembukuan. Karena petugas pajak tidak mengakui pengeluaran tanpa bukti, semuanya masih dihitung sebagai keuntungan. Alhasil, total jenderal pajak yang harus dibayarkan jadi lebih besar dari yang seharusnya.

Maka fungsi pembukuan yang berikutnya berkaitan erat dengan urusan perpajakan. Tanpa pembukuan, penghitungan pajak akan susah dilakukan. Salah-salah si wajib pajak malah jadi membayar pajak lebih besar. Laporan keuangan pun harus dilakukan secara benar. Selain memudahkan petugas pajak, pembukuan yang baik juga menghindarkan si wajib pajak dari potensi kerugian. Sebab, memang ada cara-cara legal untuk meminimalkan pajak.

Ada lagi manfaat penting dari pembukuan, yaitu ketika perusahaan harus berhubungan dengan pihak ketiga. Biasanya menyangkut permodalan perusahaan. Misalnya saja, ketika perusahaan akan dijual kepada pihak ketiga. Dari laporan keuangan itu bisa diketahui berapa nilai perusahaan.

Laporan keuangan juga sangat diperlukan ketika mengajukan kredit kepada bank. Bank akan melihat apakah usaha ini termasuk bankable. Salah satunya ya dari laporan keuangannya. Kalau tidak ada, bagaimana bank bisa menilai.

Alhasil, dari empat manfaat pembukuan itu saja kita bisa menyimpulkan betapa pentingnya pembukuan itu dalam menjalankan suatu usaha, sekecil apapun atau sebesar apapun usaha tersebut. Salah satu kiat bisnis bisa bertahan dalam jangka waktu lama, long lasting, dia harus melakukan pembukuan. Walaupun sederhana sekali.

CATATAN:

Dalam dunia usaha kelas menengah kebawah pengeluaran – pengeluaran yang tercatat biasanya hanyalah pengeluaran besar semacam gaji dan uang makan karyawan saja. Sedangkan pengeluaran kecil yang sering dilakukan justru malah tidak terkontrol. Seperti pengeluaran untuk keperluan pembelian bensin, pulpen, kertas, isi pulsa sender, isi pulsa komunikasi, cemilan ketika ada tamu, bea parkir kendaraan, dan masih banyak lagi. Padahal pengeluaran kecil yang sering dilakukan itu dalam kenyataanya justru malah lebih besar dari pengeluaran yang selama ini mereka anggap besar.


sumber:http://www.mediatelindo.com/bisnisserverpulsa.php

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes